Pantai Parai Tenggiri, Surga Tersembunyi yang Terletak di Pulau Bangka Belitung

2017-09-09

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada surganya pantai teletak di kepulauan Bangka Belitung. 

Di Bangka Belitung terdapat sebuah tempat wisata yang tidak boleh para penelusur lewatkan begitu saja. Nama tempat wisata tersebut adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai Parai Tenggiri terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Pantai Parai Tenggiri Sama seperti pantai-pantai kebanyakan, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih. Namun, yang membedakan Pantai Parai Tenggiri dengan pantai yang lainnya adalah air lautnya yang berwarna hijau tosca yang menambah eksotisme Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini dulunya dikelola oleh pemerintah setempat, namun sekarang ini dikelola oleh pihak swasta. Kawasan wisata pantai ini merupakan kawasan wisata hijau atau disebut Parai Green Resortsebagai bentuk dalam menyelamatkan lingkungan. Oleh karena itu Pantai Parai Tenggiri adalah pantai andalan di Kepulauan Bangka Belitung.

Selain pesona keindahan air lautnya yang berwarna hijau dan kebersihan pantainya, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu bebatuan yang berserakan di sepanjang pantai dengan berbagai bentuk dan ukuran menambah nilai keindahan dari Pantai Parai Tenggiri.

Di Pantai Parai Tenggiri ini berbagai kegiatan wisata dapat penelusur lakukan diantaranya bersantai menikmati pemandangan pantai yang indah sambil berjalan di pasir pantai yang putih, melihat batu-batu granit raksasa yang teronggok diam di tengah air, berenang, sunbathing, naik banana boat, diving dan olahraga air lainya.

Selain menikmati keindahan alam dan suasananya, para penelusur juga dapat melakukan rekreasi bahari yang menarik. Bagi para penelusur yang hobi memancing di pantai maka tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya.

Jika para penelusur ingin berlibur ke Pantai Parai Tenggiri maka para penelusur dapat memulai perjalanan dari Bandar Udara Depati Amir Bangka. Selanjutnya untuk menuju ke pantai ini, para penelusur dapat menyewa mobil dengan biaya Rp. 250.000,-. Selain itu para penelusur juga dapat menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota dari Pangkal Pinang menuju Sungai Liat. Sesampai di Sungai Liat para penelusur dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Parai Tenggiri dengan menggunakan bentor (becak montor)..

Harga tiket masuk ke Pantai Parai Tenggiri yaitu sebesar Rp. 5.000,-/orang.

Pantai Parai Tenggiri sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan akomodasi. Diantaranya sebuah resor dengan hotel bintang 4 yakni Parai Beach Resort. Hampir semua fasilitas  tersedia, mulai dari akomodasi, restoran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure. Di pantai ini juga terdapat  penginapan, outbound

Saat para penelusur berlibur ke Pantai Parai Tenggiri jangan lupa menyempatkan mampir untuk membeli oleh-oleh khas yang bisa para penelusur dapatkan di Kota Sungailiat. Tak sulit menemukan kios-kios yang menjual oleh-oleh di Sungailiat, seperti kerupuk aneka rasa yang terbuat dari cumi, ikan tenggiri, udang, siput gong-gong, kemplang panggang, keretek ikan, belacan dan lain-lain.

Other Vacations

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'timezonedb' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: