Wisata Sejarah dan Wisata Alam di Bukit Menumbing

2017-09-09

Satu lagi destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bangka Belitung. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan wisata alam sekaligus wsata sejarah, karena merupakan tempat pengasingan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno saat zaman penjajahan Belanda.

Adalah Gunung Menumbing atau juga biasa disebut Bukit Menumbing. Tempat ini berlokasi di sebuah bukit di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.  Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan mantan presiden Indonesia, Soekarno. Wisma ini memiliki satu bangunan utama dengan beberapa fasilitas umum lainnya. Bangunan tersebut dibangun pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1928 sampai 1933.

Berdasarkan informasi yang tertulis pada kamar 102 di wisma Menumbing, inilah tempat Soekarno, Muhammad Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at diasingkan sejak tanggal 22 Desember 1948 hingga 7 Juli 1949. Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl.

Wisata Sejarah dan Wisata Alam

Di kawasan Gunung Meumbing, wisatatawan bisa berkunjung ke Wisma Manumbing karena tempat tersebut terdapat banyak barang peninggalan Bung Karno dan Bung Hatta. Di dalam wisma ini terdapat ruangan rapat yang lumayan luas, walaupun kursi dan mejanya sudah tidak asli. Selain itu, ada juga mobil Ford yang pernah di gunakan oleh Ir. Soekarno.

Wisma ini juga ada kamar tempat bekerja dan tidur Ir. Soekarno di wisma tersebut. Sedangkan, di  teras wisma terdapat sebuah lonceng tua yang diikat di sisi tembok. Konon sejarahnya lonceng ini dahulu biasa dibunyikan untuk memanggil tentara Belanda untuk berkumpul. Lalu, di luar ruangan juga terdapat tempat Bung Karno menulis dan membaca. pada kamar terdapat  satu kamar mandi, lemari dan lain-lain.

Selain itu, di belakang wisma terdapat panorama yang indah, yang di mana saat anda naik ke atas akan terlihat pemandangan hutan yang sangat hijau dan kota Bangka Barat dari ketinggian. Ketika malam tiba lampu-lampu akan menghiasi kota yang bersejarah tersebut

Untuk masuk ke dalam bangunan, Anda harus membayar biaya sebesar Rp. 2500/orang.

Akses Lokasi Wisata Gunung Menumbing

Untuk menuju ke lokasi anda harus melapor terlebih dahulu di Pos 1 atau pintu masuk wisata jika anda membawa mobil. Hal ini di karenakan jalan menuju lokasi sangat sempit yang hanya bisa di lewati oleh  satu kendaraan saja. Jika anda menggunakan mobil waktu yang dapat anda tempuh menuju lokasi selama 15 menit untuk sampai ke puncak, tetapi jika anda berjalan kaki dapat menempuh waktu untuk sampai selama satu jam di perjalanan.

Jadi pergi dan pulang anda dapat menghabiskan waktu selama dua jam.  Di sisi jalan terdapat pohon-pohon menjulang dengan batu-batu besar yang berbentuk unik mengantar anda sampai ke atas atau tujuan anda. Cuaca di Lokasi ini cukup dingin, jadi sebaiknya pengunjung menggunakan pakaian hangat.

Other Vacations

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: